Kita mulai lagi entri / post baru di blog ini ~
PENGERTIAN
- Komunikasi Kelompok -
Komunikasi kelompok adalah jenis komunikasi yang terjadi dalam suatu lingkup "kumpulan orang dalam jumlah kecil" seperti dalam rapat, pertemuan, konferensi, dsb
Sifat-sifat komunikasi kelompok :
- Berkomunikasi melalui tatap muka
- Partisipannya sedikit
- Bekerja dibawah seorang pemimpin
- Membagi tujuan / sasaran bersama
- Tiap kelompok memiliki pengaruh satu sama lain
Klasifikasi kelompok & Karasteristik komunikasinya :
- Kelompok Primer dan Sekunder
PRIMER : Sifat komunikasinya bersifat luas & mendalam, bersifat personal, menekankan pada aspek hubungan, cenderung ekspresif, dan informal
SEKUNDER : Sifat komunikasinya bersifat sempit & terbatas, non-personal, menekankan pada aspek isi, cenderung instrumental, dan formal
- Kelompok Keanggotaan dan Rujukan
KEANGGOTAAN : Dimana anggotanya benar-benar merupakan anggota kelompok tersebut baik dalam administratif maupun fisiknya
RUJUKAN : Dimana anggotanya menjadi bergabung untuk menjadi patokan / acuan ke depannya dalam hidup orang tersebut
- Kelompok Deskriptif dan Preskriptif
DESKRIPTIF : Kelompok yang memfokuskan pada pembagian tugas tiap anggota akan apa saja tugas mereka ke depannya
PRESKRIPTIF : Kelompok yang lebih memfokuskan pada langkah-langkah apa saja yang harus diambil dalam menyelesaikan tujuannya
Pengaruh kelompok pada perilaku komunikasi :
- Konformitas ( Persetujuan lebih lanjut dari anggota ke anggota lainnya )
- Fasilitas ( Peningkatan kinerja karena ditonton anggota kelompok )
- Polarisasi ( Makin terdukungnya suatu hasil diskusi )
Faktor-faktor keefektifan :
- Situasional
UKURAN KELOMPOK
JARINGAN KOMUNIKASI
KOHESI KELOMPOK
KEPEMIMPINAN
- Personal
KEBUTUHAN INTERPERSONAL
TINDAK KOMUNIKASI
PERANAN
Faktor-faktor keefektifan :
- Situasional
UKURAN KELOMPOK
JARINGAN KOMUNIKASI
KOHESI KELOMPOK
KEPEMIMPINAN
- Personal
KEBUTUHAN INTERPERSONAL
TINDAK KOMUNIKASI
PERANAN
- Komunikasi Budaya -
Budaya adalah cara hidup yang dilakukan turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya, berawal dari kebiasaan dan tradisi dalam suatu lingkungan masyarakat.
Komunikasi budaya adalah jenis komunikasi yang terjadi diantara orang yang memiliki latar belakang kebudayaan yang berbeda, bisa ras, etnik, sosioekonomi, atau gabungan dari semua ini.
Komunikasi budaya adalah jenis komunikasi yang terjadi diantara orang yang memiliki latar belakang kebudayaan yang berbeda, bisa ras, etnik, sosioekonomi, atau gabungan dari semua ini.
Hakikat
- Enkulturasi : Proses pembelajaran budaya secara turun menurun dari generasi sebelumnya
- Akulturasi : Proses penggabungan budaya, bisa karena faktor lingkungan atau pengaruh orang terdekat
Fungsi
Pribadi
- Menyatakan identitas sosial
- Menyatakan integritas sosial
- Menambah pengetahuan
- Melepas diri / jalan keluar
Sosial
- Pengawasan
- Menjembatani
- Sosialiasi nilai
- Menghibur
Prinsip
- Relativitas bahasa
- Bahasa sebagai cerminan budaya
- Mengurangi ketidakpastian
- Kesadaran diri akan perbedaan budaya
- Interaksi awal akan perbedaan budaya
- Memaksimalkan hasil interaksi
- Komunikasi Publik -
Publik maksudnya adalah lingkungan masyarakat luas, dimana banyak orang dapat mengetahui apa saja yang kita perbuat, dan mereka secara spontan dapat mengimpressikan dan mempersepsikan bagaimana diri seseorang.
Komunikasi publik adalah jenis komunikasi yang dilakukan dalam ruang lingkup masyarakat luas, dapat berupa gagasan, ajakan, informasi, dsb. Disebut juga sebagai komunikasi massa, karena dalam penyampaiannya membutuhkan suatu media massa yang luas dan mencakup seluruh lapisan masyarakat, seperti sms, e-mail, jejaring sosial, koran, majalah, TV, dll, namun komunikasi publik lebih terbatas dibandingkan komunikasi massa.
Ciri-ciri :
Publik : Cenderung berlangsung 2 arah, memiliki banyak partisipan, satu pihak (pendengar) cenderung lebih pasif, feedback yang diberikan terbatas, biasanya bertujuan untuk menghibur. CONTOH : Seminar
Massa : Cenderung berlangsung 1 arah, partisipan nya variatif, feedback sangat terbatas, memerlukan biaya banyak, bertujuan untuk memberikan sugesti / kesan dari suatu instansi atau lembaga. CONTOH : Papan advertising
Tujuan :
Tujuan dari komunikasi publik biasanya adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang aktivitas atau hasil produksi dari suatu instansi / organisasi tertentu, ditujukan juga untuk menjalin hubungan antara instansi tersebut dengan masyarakat, tentu saja dalam hal ini, media yang digunakan harus menggunakan audio, visual, tulisan, atau bahkan lisan yang sangat jelas dalam waktu yang singkat.
Tujuan dari komunikasi publik biasanya adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang aktivitas atau hasil produksi dari suatu instansi / organisasi tertentu, ditujukan juga untuk menjalin hubungan antara instansi tersebut dengan masyarakat, tentu saja dalam hal ini, media yang digunakan harus menggunakan audio, visual, tulisan, atau bahkan lisan yang sangat jelas dalam waktu yang singkat.
Tipe komunikasi publik dalam Organisasi :
- Persentasi Orientasi
- Persentasi untuk Latihan Pekerjaan Tertentu
- Laporan Status
- Laporan kepada Dewan Pengurus
- Rapat-rapat Umum
Efektivitas :
- Kontak Mata
- Vokalik
- Ketepatan
- Perencanaan
SOURCE :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar