Kita mulai lagi entri / post baru di blog ini ~
Mari kita mulai !!! Kali ini kita akan membahas mengenai Komunikasi Organisasi
PENGERTIAN
Yang dimaksud dengan komunikasi organisasi adalah jenis komunikasi yang terjadi dalam suatu organisasi masyarakat, yang umumnya membahasa tentang struktur dan fungsi organisasinya., hubungan manusia, budaya organisasi, serta proses pengorganisasiannya.
Hal YANG MEMBEDAKAN komunikasi organisasi dengan komunikasi kelompok adalah arah komunikasi nya, jika kelompok hanya berlangsung secara setara (equal), namun komunikasi organisasi mempunyai banyak arah / gaya.
Gaya :
- Controlling Style : Pengendalian sikap orang lain yang memperhatikan, biasanya 1 arah
- Two-way Style : Penyampaian gagasan secara terbuka, biasanya 2 arah
- Structural Style : Penyampaian gagasan yang terstruktur, baik verbal maupun tulisan
- Dinamic Style : Penyampaian secara agresif untuk memberikan efek yang sama pada lingkungan
- Relinguishing Style : Penyampaian pesan yang cenderung siap menerima pesan atau gagasan dari orang lain dibanding memberikan perintah
Withdrawal Style : Penyampaian yang tidak berlangsung dengan baik karena melemahnya niat untuk berkomunikasi karena suatu faktor
Proses :
- Downward Communication : Dari atasan kepada bawahan
- Upward Communication : Dari bawahan kepada atasan
- Horizontal Communication : Dari sesama karyawan / pekerja
- Diagonal Communication : Dari 1 divisi kepada divisi lain yang tidak bersangkutan
Fungsi :
- Fungsi Informatif : Mendapatkan informasi dari dalam organisasi
- Fungsi Regulatif : Mengetahui aturan & tatanan yang ada dalam organisasi
- Fungsi Persuasi : Membuat orang lain menyetujui hasil keputusan dalam organisasi
- Fungsi Integratif : Menyediakan saluran agar anggota dapat bekerja efektif
-
SOURCE :
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_organisasi
http://www.anneahira.com/definisi-komunikasi-organisasi.htm
http://mediabisnisonline.com/mengenal-4-jenis-arah-komunikasi-dalam-organisasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar